APBDes Desa Bantarsari Tahun 2015

Desa Bantarsari – Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) adalah peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun. APB Desa terdiri atas bagian pendapatan Desa, belanja Desa dan pembiayaan. Rancangan APB Desa dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa. Kepala Desa bersama BPD menetapkan APBDes setiap tahun dengan Peraturan Desa. Menurut UU 32/2004 dan PP 72/2005 disebutkan sumber-sumber pendapatan desa meliputi:
  1. Pendapatan asli desa, terdiri dari hasil usaha desa, hasil kekayaan desa, hasil swadaya dan partisipasi, hasil gotong royong, dan lain-lain.
  2. Pendapatan asli desa yang sah, bagi hasil pajak daerah Kabupaten/Kota paling sedikit 1.0% (sepuluh per seratus) untuk desa dan dari retribusi Kabupaten/Kota sebagian diperuntukkan bagi desa.
  3. Bagian dari dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota untuk Desa paling sedikit 10% (sepuluh per seratus), yang pembagiannya untuk setiap Desa secara proporsional yang merupakan alokasi dana desa.
  4. Bantuan keuangan dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan.
  5. Hibah dan sumbangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat.
  6. Sedangkan kekayaan desa meliputi tanah kas desa, pasar desa, pasar hewan, tambatan perahu,bangunan desa, pelelangan ikan yang dikelola oleh desa, dll.
Sumber pendapatan daerah yang berada di desa baik pajak maupun retribusi yang sudah dipungut oleh Provinsi atau Kabupaten/Kota tidak dibenarkan adanya pungutan tambahan oleh Pemerintah Desa. Pungutan retribusi dan pajak lainnya yang telah dipungut oleh Desa tidak dibenarkan dipungut atau diambil alih oleh Pemerintah Provinsi atau Pemerintah Kabupaten/Kota. Pemberian hibah dan sumbangan tidak mengurangi kewajiban- kewajiban pihak penyumbang kepada desa. Sumbangan yang berbentuk barang, baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak dicatat sebagai barang inventaris kekayaan milik desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. sumbangan yang berbentuk uang dicantumkan di dalam APBDes.

Kepala Desa adalah pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa. Dalam melaksanakan kekuasaannya Kepala Desa dapat melimpahkan sebagian atau seluruh kekuasaannya yang berupa perencanaan,. pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan kepada perangkat desa. Dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan Desa, Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pernbentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa berpedoman pada peraturan perundang-undangan .Alokasi pengeluaran dalam APBDes meliputi belanja pembangunan dan pos pengeluaran rutin .Belanja pembangunan meliputi pos sarana pemerintahan desa, pos prasarana perhubungan, posprasarana pemasaran, dan pos prasarana sosial. Sedangkan belanja rutin meliputi pos belanja pegawai, pos belanja barang, pos biaya pemeliharaan, pos biaya perjalanan dinas, pos belanjalain-lain, dan pos pengeluaran tak terduga.

Berikut adalah rancangan APBDes Desa Bantarsari Tahun 2015 :

  1. Cover APBDes Desa Bantarsari
  2. Berita Acara APBDes Desa Bantarsari
  3. Perdes APBDes Desa Bantarsari 
  4. Rancangan APBDes Desa Bantarsari

27 Comments

  1. Sangat baik dan patut di tiru bagi yang masih belajar seperti desa saya, mohon ijin nanti ada waktu saya mau searing bisa / boleh nggak….

  2. Sangat baik dan patut di tiru bagi yang masih belajar seperti desa saya, mohon ijin nanti ada waktu saya mau searing bisa / boleh nggak….
    Dan mhon di sarekan contoh LPJnya juga Bapak

  3. Assalamualaikum
    Situs yang Bpk buat sangat membantu Desa dan saya sangat berterima kasih kepada Bpk yang sdh mau mebagi ilmu kepada kami,saya selaku Ketua Badan Permusyawaratn Desa Telang Jaya ingin Mengucapkan Terima Kasih dan Apresiasi setinggi-tingginya kepada Bpk semoga Pemerintah Desa Bantarsari Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor Semakin Sukses dan Berjaya Selalu .
    Wassalammualaikum

    • Waalaikumsalam.
      Terimakasih telah berkunjung pak. semoga ini menjadi motivasi bagi kami ditengah masih banyaknya kekurangan yang terdapat pada desa kami, mohon maaf karena situs ini masih dalam masa perbaikan. terimkasih telah berkunjung.

    • untuk laporan apa pak. add atau dd? karena untuk laporan biasanya ditetapkan oleh peraturan bupati. terkadang setiap kabupaten ada perbedaan pak. ty

  4. Ass.. Salam Kenal Pk. Kalau Boleh Saya Dari Desa Neglasari Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Dengan segala saya ingin mengadakan Study Banding Ke Desa Bapak/Bantarsari. tolong minta Alamat Lengkapnya pa sebelumya saya ucapkan terimakasih.
    Wss.

    • Waalaikumsalam. untuk alamat lengkap sudah kami sediakan di profile desa pada web ini pak. Bapak bisa mengontak saya melalui no yang saya kirim via email bapak. ty atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan